Home » , , » Cara Belajar Bahasa Pemrograman Komputer

Cara Belajar Bahasa Pemrograman Komputer

Written By Unknown | Posted on 24/03/13 | 10:40 PM

Wooke!! Belajar berkomunikasi dengan komputer bukan sesuatu yang mudah. Seorang jenius-pun butuh waktu untuk melahap baris demi baris bahasa ini. Butuh kesabaran, ketekunan dan konsistensi untuk mencapainya. Yup, berikut tips-tips yang mungkin bisa membantu sobat belajar.
Moga berhasil!!

  1. Belajarlah algoritma dengan “bahasa Sobat” algoritma merupakan “core” dari semua bahasa perograman.
    Algoritma sendiri merupakan runtutan langkah untuk menyelesaikan masalah. Algoritma pemerograman umumnya kaku dan membuat kepala pusing. Untuk mempelajarinya, gunakan kegiatan sehari-hari sebagai masalah yang harus dipecahkan. Misalnya langkah yang harus Sobat selesaikan dalam membeli santapan siang.
  2. Lakukan dengan sepenuh hati.
    Bahasa pemrograman bukan hal yang “keren”. Lebih baik luruskan niat Sobat terlebih dahulu. Menjadikannya sebuah trend merupakan hal positif. Namun bila Sobat mempelajari pemrograman hanya untuk pamer, Sobat akan kesulitan sendiri.
  3. Pilih bahasa BASIC.
    Bahasa basic memang tidak user friendly. Namun bahasa inilah yang menjadi pondasi bahasa pemrograman lain. Mempelajari bahasa pemrograman seperti VB tidak membuat Sobat memahami bagaimana sebenarnya suatu program berjalan dan berinteraksi. Kuasailah bahasa C/C++ terlebih dahulu. Sulit memang tapi semua akan mudah bila Sobat tekun belajar.
  4. Tempat belajar.
    Saat ini forum yang membahas bahasa pemrograman baik level newbie sampai expert. Bagi Sobat yang aktif dijejaring sosial facebook, grup-grup pemrograman juga bertebaran disana. Jangan malu-malu bertanya. Umumnya master-master tidak pelit informasi. Namun sebaiknya Sobat memakai bahasa yang sopan dan tidak bertanya dengan monoton maupun terkesan memaksa. Agar beliau-beliau tetap respect kepada Sobat.
  5. Mulai dari hal kecil.
    Meski pilihan anjuran kami adalah bahasa “mesin” namun mulailah dari perintah sederhana dan bertahap ke level selanjutnya. Lakukan dengan runtut dari sekadar “say hello” sampai Sobat dapat membuat suatu program dengan baik.
  6. Konsistenlah!!!
    Mempelajari bahasa pemrograman terkadang membuat kita frustasi. Namun saat kita berhasil menjalankan perintah, hal ini akan menjadi tambahan semangat. Lakukan dengan jadwal teratur. Tambahkan kedalam agenda harian Sobat. Belajarlah ketika otak dalam kondisi prima dan jangan paksakan bila Sobat mulai tidak nyaman.
  7. Tambah koleksi bahasa Sobat.
    Menguasai satu bahasa dengan baik memang baik. Namun menguasai beberapa bahasa sekaligus dapat membuat Sobat lebih memahami konstruksi umum dan masalah secara abstrak. Jadi belajar beberapa bahasa pemrograman, terutama dua atau tiga dengan filosofi desain yang berbeda, seperti Lisp, Java, dan Perl. Tapi lakukanlah belajar masing-masing bahasa dengan benar.
Ya, itulah beberapa tips-tips Cara Belajar Bahasa Pemrograman Komputer.
Semoga Bermanfaat!!
Share Artikel ini :

 
Copyleft © 2013. WUS24™ - All Rights Reserved.
Template Designed by Doanx. Supported by WUS24™