Home » » Si Katai Coklat yang Malang

Si Katai Coklat yang Malang

Written By Unknown | Posted on 28/03/13 | 9:15 PM

Kali ini,kita akan membahas suatu benda langit yang tergolong "aneh dan malang".Kenapa? karena benda langit ini bila disebut sebuah bintang,tetapi tidak dapat melakukan fusi nuklir didalam intinya dan massanya kurang dari 75 sampai 80 kali Jupiter.Sering disebut juga sebagai bintang gagal.

Sedangkan disebut planet,tetapi ukurannya terlalu besar dan memiliki banyak satelit yang mengelilinginya sebab definisi planet menyatakan bahwa sebuah objek baru dapat digolongkan sebagai planet bila massanya kurang dari 13 kali massa Jupiter.Iya,benda itu adalah katai coklat.Bukan
berarti,warnanya coklat ya!,

Sistem bintang katai coklat ini diberi nama “WISE J104915.57-531906” karena ditemukan dalam pemetaan langit yang dilakukan oleh satelit Wide-field Infrared Survey Explorer (WISE) milik NASA.
Sebagian ada yang berpendapat,bahwa Jupiter merupakan bintang katai coklat.Sebenarnya,Jupiter bukanlah bintang katai coklat.Karena pembentukannya berbeda.Katai coklat  kelahirannya sama seperti bintang dari keruntuhan awan gas dan debu antar bintang.Jupiter tidak demikian. Selain itu massa Jupiter berada di bawah massa minimum untuk sebuah obyek digolongkan sebagai katai coklat.


Share Artikel ini :

 
Copyleft © 2013. WUS24™ - All Rights Reserved.
Template Designed by Doanx. Supported by WUS24™