Home » , » Tentang Joomla

Tentang Joomla

Written By Umar Doanx | Posted on 05/04/13 | 12:30 PM

Sekilas tentang Pengertian Joomla yang harus dipahami oleh pemula.  Joomla merupakan Content Management System (CMS) yang dibangun menggunakan bahasa Pemrograman PHP. Joomla sendiri berasal dari kata Swahili yang artinya "kebersamaan". Sebelum mengenal Joomla lebih jauh, tidak ada salahnya kita flashback sebentar tentang asal mula dan sejarah hingga terwujudnya sebuah CMS Joomla yang powerfull.

CMS Joomla sebenarnya dulu adalah Mambo, mengapa sekarang menjadi Joomla? Mambo Open Source (MOS) sendiri merupakan sebuah CMS yang telah digunakan oleh pembuat ataupun pengelola website (webmaster) di seluruh dunia untuk keperluan website dari yang paling sederhana sampai dengan aplikasi website yang paling kompleks.


Mambo memiliki kapabilitas yang tinggi, sangat mudah untuk di install dan di kelola karena memiliki fitur-fitur yang sangat powerfull di dalamnya, sangat sesuai dengan slogan yang dimilikinya, yaitu "Power in simplicity". Berbagai penghargaan dunia yang diberikan membuktikan bahwa Mambo merupakan CMS terbaik saat itu.

Joomla sendiri merupakan sebuah nama baru yang diberikan oleh "Developer Inti Mambo" yang hingga agustus 2005 hengkang dari Mambo. Versi dari Joomla yang pertama kali muncul adalah versi 1.0.0 (versi yang merupakan nama alias dari Mambo 4.5.2.3), sedangkan versi 1.1.0 merupakan hasil karya dari developer Mambo versi 4.5.3. Semua fitur atau addons seperti: template, module, component, mambots, dan paket bahasa yang dimiliki Mambo tetap bisa dijalankan di Joomla versi 1.1.0.

Kemampuan Joomla

CMS Joomla memiliki kemampuan untuk membuat aplikasi web yang beragam, mulai dari aplikasi web yang paling simple, sampai dengan aplikasi web yang dinamis. Adapun beberapa kemampuan dari Joomla diantaranya adalah:
  • Joomla dapat melakukan update halaman utama, halaman artikel, halaman arsip, dan halaman lain secara cepat dan mudah.
  • Joomla dapat melihat file seperti file Doc, Excel, dan PDF.
  • Joomla dapat mengatur weblink secara cepat dan mudah.
  • Joomla dapat mengatur banner untuk keperluan iklan.
  • Joomla dapat mengatur FAQ (Frequently Asked Questions).
  • Joomla dapat mengatur Newsflashes.
  • Joomla dapat menambah menu baru pada main menu, other menu, maupun top menu dengan cepat dan mudah.
  • Joomla dapat mencetak, mengirim artikel lewat email, dan membaca artikel dengan format PDF.
  • Joomla dapat membuat arsip dan menampilkannya kembali.
  • Joomla dapat menambah komponen, modul, dan template dari pihak ketiga (seperti: forum, calendar, buku tamu, shopping cart, dan sebagainya).
  • Joomla dapat mengatur user dengan tingkat akses level yang berbeda.
Joomla User Friendly

CMS Joomla sangat mudah untuk digunakan, dengan bentuk yang sederhana dan fleksibel, menjadikan CMS Joomla lebih User Friendly. Tips dan Trik Joomla merekomendasikan CMS Joomla untuk aplikasi website Sobat karena Joomla sangat mudah untuk di install (baik secara online maupun offline), mudah digunakan untuk mengedit (menambah, mengubah, dan menghapus konten, gambar, dan video), memiliki interface administrator yang sederhana untuk mengatur konten website Sobat, fleksibel dan mudah dalam pengaturan tampilan frontend, serta kemudahan dalam menambah komponen dan modul yang baru dari pihak ketiga.

Prinsip dasar dan cara kerja Joomla

Konsep dasar dari CMS Joomla. Sangat penting bagi pemula untuk mengetahui dasar-dasar pengoperasian yang terdapat pada CMS Joomla. Secara umum CMS Joomla terdiri dari tiga elemen dasar, diantaranya adalah: Web Server, Skrip PHP, dan Database (menggunakan MySQL).

Diasumsikan, Web Server terhubung dengan jaringan (online atau offline), berfungsi sebagai penyedia layanan website. Skrip PHP terdiri dari kode-kode bahasa pemrograman PHP, dan Database berfungsi menyimpan informasi berupa konten. CMS Joomla menggunakan Apache sebagai Web Server dan MySQL sebagai Databasenya.

Cara kerja CMS Joomla adalah: user atau pengguna melakukan request (permintaan) terhadap halaman Joomla dengan cara mengeksekusi alamat URL yang mengandung parameter konten (berupa id article, section, category, dan sebagainya) pada browser yang kemudian terhubung dengan Web Server. Request terhadap sebuah halaman di dalam istilah teknis sering juga disebut dengan Query String. Berdasarkan dari parameter diatas, sistem skrip pada CMS Joomla melakukan kontak dengan Database dan mengambil konten yang diminta atau direquest berdasarkan pada parameternya.

Proses akhir, konten dan tampilan bergabung bersama dan kembali ditampilkan pada browser sebagai sebuah halaman HTML yang menampilkan informasi (berupa teks, atau gambar) sesuai dengan parameter yang berada dalam Database.
Share Artikel ini :

 
Copyleft © 2013. WUS24™ - All Rights Reserved.
Template Designed by Doanx. Supported by WUS24™