Home » , , » Cara Install Apache, PHP, dan MySQL

Cara Install Apache, PHP, dan MySQL

Written By Unknown | Posted on 04/04/13 | 3:30 PM

Bagi seorang pengembang web tingkat pemula, mungkin masih terasa asing dengan istilah Apache, PHP, dan MySQL. Saya juga tidak bermaksud "menggurui" bagi sobat sekalian yang sudah paham tentang beberapa aplikasi tersebut karena saya juga masih belajar. Namun, agar seorang pengembang web tingkat pemula tidak bingung di kemudian hari, maka saya perlu memberikan penjelasan sedikit. Karena tanpa adanya ketiga aplikasi tersebut, maka instalasi Joomla! tidak dapat dijalankan di komputer pribadi (PC).Secara default, ketika menginstal sistem operasi menggunakan Windows maka di dalamnya akan menyertakan pula aplikasi berbasis web bernama PWS (Personel Web Server) dan IIS (Internet Information Service). Keduanya berfungsi sebagai web server di lingkungan Windows. Namun, ada beberapa kelebihan dan kekurangan web server tersebut. Dan sebagaian pengembang web tidak memanfaatkan web server "bawaan" Windows, mereka lebih suka menginstal aplikasi lain yang dirasakan lebih handal. Maka dipilihlah Apache sebagai pengganti kedua aplikasi tersebut.

Mengenal Apache, PHP, dan MySQL

Apache
Apachemerupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi yang berfungsi sebagai web server. Aplikasi ini sangat reliable untuk dijadikan web server pada komputer pribadi (PC). Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi website resminya di http://apache.org

PHP
PHPmerupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis web. Oleh karena Joomla menggunakan bahasa PHP, maka dalam komputer pribadi (PC) harus terinstal bahasa PHP. Dan untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi website resminya di http://php.net

MySQL
MySQLmerupakan salah satu tipe database yang paling banyak diminati para pengembang web karena selain mudah instalasinya, juga database ini mampu menampung record sebanyak ratusan giga. Database ini juga berada di bawah lisensi GNU yang berarti gratis dalam penggunaan maupun penggandaan. Berbeda dengan database yang sejenis seperti Oracle. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi website resmi di http://mysql.com

PHPMyAdmin
PHPMyAdmin merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat database, pengguna (user), memodifikasi tabel, maupun mengimpor database secara cepat dan mudah tanpa harus menggunakan perintah (Command) SQL.

Ada bebeberapa cara untuk menginstal beberapa komponen tersebut yaitu: menginstal secara terpisah masing-masing aplikasi (Apache, PHP, dan MySQL) atau menginstal aplikasi web server yang sudah menampung keempat komponen sekaligus. Web Server juga banyak macamnya diantaranya: PHPTriad, EasyPHP, XAMP, Uniserver, AppServ, dan lain-lain. Namun perlu diingat, kedua web server tidak dapat digunakan secara bersama-sama. Untuk itu, pilih salah satu saja sesuai keinginan dengan cara melihat kelebihan dan kekurangan masing-masing.


Instalasi Uniform Server

Untuk proses instalasi Uniform Server sebenarnya tidak perlu diinstal dalam komputer karena aplikasi ini cukup diduplikasi ( Copy and Paste) pada hardisk, flashdisk, maupun media pemyimpanan lain, jangan khawatir! Karena Uniform Server berlisensi open saos atau open source. Download Uniform Server DISINI.

1. Open UniServer.exe
2. Tentukan folder yang diinginkan untuk mengekstrak semua file Uniform Server kemudian tekan tombol Extract.


3. Setelah proses ekstrak selesai, maka akan muncul folder baru (UniServer) dalam direktor yang telah dipilih sebelumnya.

4. Selanjutnya, buka folder tersebut dan temukan file start.bat . Klik file start.bat, tunggu beberapa saat.

5. Secara otomatis akan menjalankan salah satu browser (Internet
Exporer, Opera, Mozilla, Google Crome, dll). Adakalanya muncul
pop up block ketika mengaktifkan file start.bat, pilih Unblock untuk
mengijinkan Uniform Server jalan.

6. Apabila  muncul  pesan  kesalahan pada  browser seperti nampak pada
gambar berikut.
7. Ada  beberapa  kemungkinan,  yaitu: sudah  ada  web  server lain selain Uniform  Server  atau  masih  terblokir  oleh  sistem  keamanan (Firewall). Jika sudah terselesaikan kendalanya, klik file redirect.html
8. Tampilan utama Uniform Server.



Bagai mana dengan Cara menginstall XAMPP? Silahkan baca artikel Cara Menginstall Xampp dan Cara Menginstall Joomla di Xampp Lengkap!!
Share Artikel ini :

 
Copyleft © 2013. WUS24™ - All Rights Reserved.
Template Designed by Doanx. Supported by WUS24™