Home » , » 10 Kiat Menjadi Sahabat Yang Baik

10 Kiat Menjadi Sahabat Yang Baik

Written By Unknown | Posted on 27/02/13 | 2:53 PM


OK kali ini saya mau share tips tentang sahabat nih.
Bagi sobat yang mau atau ingin menjadi seorang sahabat yang baik terhadap sahabat sobat sendiri, monggo di simak kiat-kiat berikut yap!


1.Ciptakanlahkeseimbangan antara memberi dan menerima.
Sobat tidak cukup hanya berperan sebagai pemberi tanpa menerima atau hanya sebagai penerima tanpa memberi. Hal ini menyangkut aspek yang luas, termasuk berbagi kegembiraan dan kesedihan.

2.Terimalahsahabat Sobat sebagaimana adanya.
Jadilah sahabatnya tanpa menuntutnya berubah sesuai keinginan Sobat. Mungkin dia terlalu cerewet, agak cuek, sangat sensitif atau matre. Dia memang tidak sempurna dan mungkin sering melakukan hal-hal yang Sobat tidak sukai. Namun jangan lupa, Sobatpun tidak luput dari kelemahan dan kekurangan.

3.Bila sahabat Sobat mempunyai sifat atau kebiasaan yang umumnya tidak disukai orang lain dan bisa menghambat pergaulannya, ingatkanlah dia pada waktu yang tepat.
Barangkali selama ini dia tidak menyadari atau belum pernah ada seorangpun yang mengkritiknya. Kalau diperlukan, berilah saran dan biarkan dia berubah sedikit demi sedikit. Supaya fair, boleh juga Sobat memintanya mengkritik Sobat.

4.Bermurah hatilah.
Ulurkanlah tangan ketika ia memerlukan bantuan, hiburlah ketika dia sedang sedih, dengarkanlah ketika dia mencurahkan isi hatinya, temanilah ketika dia mengalami masa-masa sulit, doronglah semangatnya dll.

Meskipun ia tampak tidak membutuhkannya, namun dia akan senang menerimanya. Jangan melupakan hari-hari istimewanya, bawakan oleh-oleh ketika Sobat Pulang dari kota, pujilah potongan rambutnya yg bagus, tanyakan khabar keluarganya, dsb.

Tidak ada masalah bila Sobat berbeda dengan sahabat Sobat, baik agama, suku, prinsip atau kebiasaan. Semua itu bisa memperkaya suatu persahabatan bila kedua belah pihak mau saling mengahargai. Dan semakin baik toleransi Sobat, maka akan semakin matang kemampuan Sobat bersosialisasi.

Meskipun hubungan sudah sangat akrab, dia masih bisa tersingung dengan sikap dan ucapan Sobat. Hatinya bisa terluka bila dihina, dikecam atau dipermalukan, meskipun dalam konteks bercsobat.

Bila dia menceritakan sesuatu rahasia, jangan membocorkannya karena itu berarti mengkhianati perasaannya. Ketika dia sedang ingin sendiri, jangan mengganggunya. Jangan tergoda untuk membuka buku hariannya, tas atau dompet miliknya tanpa ijin, dsb.

Mulailah mengambil inisiatifuntuk menyelesaikannya. Jangan menunda-nunda apalagi bersikap seakan-akan tidak ada masalah. Meskipun konflik bisa mengganggu hubungan persahabatan, namun bila diselesaikan dengan baik bisa membuat hubungan menjadi lebih intim. 

10.Bersikaplah terbuka.
Keterbukaan tidak saja akan membuat sahabat Sobat lebih mengenal Sobat, tetapi Sobat juga akan lebih mengenal diri sendiri. Ungkapkanlah perasaan2, keinginan dan harapan-harapan Sobat. Hanya dengan keterbukaan, Sobat bisa bicara dari hati kehati, dan itu sangat penting bagi keintiman persahabatan.

Orang yang mempunyai sahabat akan lebih sehat dan bahagia daripada mereka yang tidak punya seorangpun. Seorang sahabat lebih berharga dari emas atau permata. Kekayaan tidak bisa membelikan Sobat seorang sahabat atau membayar kerugian akibat kehilangan seorang sahabat. Semoga Bermanfaat ...!!!
Share Artikel ini :

 
Copyleft © 2013. WUS24™ - All Rights Reserved.
Template Designed by Doanx. Supported by WUS24™