Home » , » Kebiasaan Baru Berkomputer Agar Dapat Menghemat Waktu

Kebiasaan Baru Berkomputer Agar Dapat Menghemat Waktu

Written By Unknown | Posted on 28/06/13 | 1:26 PM

Kebiasaan Baru Berkomputer Agar Dapat Menghemat Waktu
Komputer menjadi teman kita sehari-hari, entah di manapun kita berada. Dirumah, di sekolah, di kantor, di tempat umum, dan lain sebagainya. Bahkan, ada orang yang merasa tidak akan lengkap hidupnya, jika tak ada komputer di sampingnya. Tentu aja, banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan di komputer. Namun, saya yakin, masih banyak pengguna komputer yang masih melakukan beberapa hal yang sebenarnya membuang waktu.
Untuk itu, saya akan memberikan beberapa tips dan kebiasaan baru berkomputer, agar sobat dapat menggunakan waktu sebaik-baiknya tanpa membuang waktu.

Hentikan klik Refresh mulai dari sekarang!

Entah itu di guna-guna atau santet atau apa, banyak sekali orang-orang masih aja menggunakan tombol Refresh. Apakah sobat tahu fungsi dari Refresh sebenarnya?

Apa sih Refresh?

Jika sobat klik kanan di desktop, maka akan ada keluar menu-menu. Salah satu menu tersebut adalah fungsi Refresh.
Kebiasaan Baru Berkomputer Agar Dapat Menghemat Waktu

Dari dulu, saya sering melihat orang menggunakan komputer sering sekali menggunakan fungsi refresh ini, tanpa tahu apa keuntungannya. Bahkan, ada yang sampai menekan tombol F5 untuk melakukan Refresh berulang kali.

Setelah saya lama menggunakan komputer dan mulai menjelajah internet, ternyata fungsi refresh tidaklah seperti itu. Saat saya investigasi secara mendalam dari pengalaman sendiri, fungsi dari refresh hanyalah melakukan pemuatan ulang / reloading terhadap icon di desktop, agar tidak ada yang salah dalam menampilkan icon tiap shortcut di desktop. Udah gitu aja.

Biasanya, pengguna komputer yang mengalami lambat di komputernya, akan mulai melakukan minimize terhadap semua program dan melakukan refresh. Mereka menganggap bahwa penggunaan Windows menjadi lebih ringan daripada biasanya, karena sudah disegarkan / refresh. Itu sama sekali tidak benar. Tanpa refresh pun, Windows sebenarnya telah mengatur penggunaan memori waktu itu, sehingga komputer seperti terlihat lebih cepat dan bukan karena refresh tadi.

Sehingga, berhenti melakukan refresh, apalagi sampai berulang-ulang tanpa tahu apa kegunaan dari refresh sendiri.

Scan file di komputer menggunakan antivirus? Buat apa sih?

Tentu aja, Antivirus menjadi software wajib yang dipasang di komputer. Agar virus dan malware jahat lainnya tidak bisa masuk ke Windows. Antivirus sendiri memiliki fitur Resident Shield / Real time scanning tersendiri untuk membantu mencegah virus masuk. Apakah sebenarnya fitur itu?

Kebiasaan Baru Berkomputer Agar Dapat Menghemat Waktu

Real time scanning adalah fitur dimana antivirus melakukan patroli terhadap pengaksesan semua file di harddisk komputer. Ketika ada file yang masuk, secara otomatis Antivirus akan melakukan scanning terhadap file tersebut. Jika file tersebut terdapat virus, otomatis file itu akan dihapus atau dikarantina. Tentu aja, setiap kali sobat berinternet, melakukan copy & paste menggunakan flash disk, atau hal lainnya, Real time scanning akan menjaga Windows untuk sobat.

Yang menjadi pertanyaan adalah, lalu buat apa kita kok sering sekali melakukan scan virus di komputer? Itu semua kan tidak ada pengaruhnya, karena sebenarnya komputer kita sudah terlindungi 24 jam oleh real time scanning tadi. Kecuali, jika komputer sobat terserang virus pada awalnya, kemudian sobat memasan antivirus. Barulah sobat melakukan scanning, agar semua virus terdeteksi.

Jadi, jangan terlalu sering melakukan scanning dan jangan perlu khawatir dengan virus. Kalau antivirus sobat sudah up to date atau dalam versi terbaru, virus akan sangat jarang sekali bisa masuk.

Hilangkan shortcut di desktop!

Pada waktu dulu, saat Windows XP masih merajai komputer, banyak sekali pengguna komputer yang menaruh shortcutnya di desktop. Tidak sedikit, melainkan banyak sekali shortcut yang ada di desktop. Bukankah hal itu menganggu? Coba aja lihat gambar dibawah ini :

Kebiasaan Baru Berkomputer Agar Dapat Menghemat Waktu

Solusinya? Windows 7 dan Windows 8 sudah menyediakan fitur search yang sangat mudah untuk digunakan. Yang perlu sobat lakukan adalah tekan tombol Start dan mulailah mengetik nama program. Misalnya sobat tekan tombol Windows untuk memunculkan Start dan mengetik 'Excel', maka program Microsoft Excel akan ada dihasil pencarian. Yang perlu sobat lakukan hanyalah menekan tombol Enter untuk membukanya.

Kebiasaan Baru Berkomputer Agar Dapat Menghemat Waktu

Gimana, gampang kan? Sobat tidak perlu mencari dimana icon Microsoft Excel lagi dengan menggunakan search. Jika sobat sering sekali menggunakan Microsoft Excel, sobat bisa melakukan pin ke taskbar, agar dapat di akses dengan satu klik aja.

Kebiasaan Baru Berkomputer Agar Dapat Menghemat Waktu

Shutdown? Sleep atau Hibernate aja sudah cukup ko!

Proses Shutdown adalah proses dimana Windows akan mematikan seluruh proses dan menghentikannya. Setelah semua proses berakhir, giliran bagian hardware akan dimatikan bergantian dan komputer akan mati total.

Untuk menghidupkannya, sobat harus menekan tombol power. Windows akan melakukan copy semua proses dan driver ke RAM dari harddisk. Tentu saja, proses ini memakan waktu yang cukup lama hingga Windows siap digunakan. Sebenarnya, sobat tidak perlu melakukan shutdown.

Tergantung dari kondisi penggunaan komputer sobat, ketika sobat ingin menggunakan komputer lagi dalam beberapa saat, sobat hanya perlu melakukan Sleep. Sleep akan menyimpan semua proses di RAM dan komputer sobat masuk kedalam mode tidur. Komputer tetap mengkonsumsi power, namun power yang dikonsumsi sangatlah sedikit. Ini bisa terjadi, karena sebagian komponen hardware akan dimatikan. Sehingga, ketika sobat membuka laptop sobat, Windows siap untuk menghidupkan komponen hardware yang mati dan mulai mengaskes RAM. Karena semua proses tersebut ada di RAM, penggunaan komputer dapat dengan instan digunakan.

Lalu, bagaimana jika sobat ingin menggunakan komputer kembali dalam waktu yang cukup lama? Tenang saja, ada fungsi Hibernate. Hibernate akan menyimpan semua proses di harddisk dan mematikan semua komponen hardware. Tentu saja, komputer akan mati total. Ketika sobat menghidupkan komputer kembali, Windows akan mencoba memanggil kembali proses yang disimpan di harddisk. Berbeda dengan shutdown, karena shutdown akan mematikan dan menghentikan proses tersebut. Proses hibernate akan jauh lebih cepat daripada shutdown.

Kebiasaan Baru Berkomputer Agar Dapat Menghemat Waktu

Jadi, menggunakan Sleep dan Hibernate secara bijak tentu saja dapat menghemat waktu. Biasakanlah kegiatan baru ini agar tidak membuat waktu.
Share Artikel ini :

 
Copyleft © 2013. WUS24™ - All Rights Reserved.
Template Designed by Doanx. Supported by WUS24™